Selasa, 14 Desember 2010

berita terkini

RI-Australia Kerjasama untuk Pertumbuhan Ekonomi Dua Negara

Tribunnews.com - Selasa, 14 Desember 2010 13:20 WIB
Share Cetak PDF Print Berita Ini +
 Share   
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Andri Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
- Indonesia dan delegasi Australia mensosialisasikan rencana Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA), di Jakarta. Ditargetkan dengan kerjasama ini meningkatkan GDP sebesar 33,1 miliar dollar Australia.

“Dalam kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan GDP sebesar 0,23 persen atau sebesar A$33,1 miliar,” ungkap Direktur Jenderal Kerjasama Perdagangan Internasional, Gusmardi Bustami, di Jakarta, Selasa (14/12/2010).

Dikatakannya, IA-CEPA bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kedua negara.

Diharapkan tiga tujuan penting tercapai dalam kerangka kerjasama IA-CEPA tersebut.

Pertama, perluasan perdagangan (barang dan jasa) dan investasi yang belum diperoleh dari ASEAN Australia-New Zealand FTA.

Kedua, menciptakan pasar ekonomi yang lebih besar dengan meningkatkan produktivitas melalui kompetisi, inovasi, dan skala perekonomian yang lebih luas.

Ketiga, membangun kerjasama ekonomi melalui kerangka kerja multilateral, regional dan bilateral yang telah ada. Kemudian menyelesaikan masalah hambatan perdagangan melalui komitmen dan transparansi yang sesuai.

Kemudian perluasan perdagangan (barang dan jasa) dan investasi, peningkatan kerjasama di berbagai aspek perdagangan termasuk prosedur kepabeanan, perlindungan kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan (SPS), regulasi dan standar teknis, HKI, perdagangan elektronik, pengadangan barang dan jasa pemerintah, dan kebijakan persaingan usaha.

Peningkatan investasi dari Australia terjadi khususnya di sektor pertambangan, pertanian (terutama peternakan) dan sumber daya alam.

Penulis: Andri_Malau
Editor: anwarsadat

Belum ada komentar

Untuk mengomentari artikel ini, silakan login atau gunakan akun facebook anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar